Senin, Januari 10, 2011

Sumber Partikel Elemen yang Populer Saat Sekarang

Saat kini kita mengenal tiga sumber besar penghasil berbagai partikel elemen antara lain sinar kosmik, reaktor nuklir dan pemercepat partikel.
Angkasa bumi pada dasarnya mengalami pembombandiran oleh partikel yang berenergi tinggi misalnya proton yang berasal dari luar angkasa. Ketika partikel-partikel yang berenergi tinggi tersebut bertubrukkan dengan atom-atom pada bagian lapisan udara terluar akan dihasilkan hujan partikel (karena berbentuk seperti hujan). Sumber partikel seperti ini disebut sebagai SINAR KOSMIK''. Pada umumnya sebagian besar partikel-partikel yang dihasilkan dalam sinar kosmik tersebut adalah partikel elemen lain yang disebut sebagai MUON'' (tex2html_wrap_inline121). Muon adalah partikel elemen yang bermuatan negatip seperti halnya elektron, tetapi muon memiliki massa yang jauh lebih besar dari elektron. Berdasarkan hasil penelitian muon memiliki massa sekitar 200 kali lebih besar dari massa elektron.
Reaktor nuklir dewasa ini dapat menghasilkan berbagai jenis partikel misalnya dengan cara meluruhkan zat yang bersifat radioaktif. Peluruhan zat radioaktif secara umum dapat menghasilkan neutron, sinar alpha (tex2html_wrap_inline123) yang merupakan gabungan dasar dari partikel neutron dan partikel proton, sinar beta (tex2html_wrap_inline125) yang terdiri dari elektron dan sinar gamma (tex2html_wrap_inline127) yang disebut juga FOTON''.
Pemercepat partikel merupakan suatu rangkaian peralatan yang dapat menaikkan kecepatan partikel saat bergerak. Salah satu cara untuk mempercepat partikel adalah dengan menginjeksikan energi dan mengatur besarnya elektromagnetik yang dipergunakan pada berkas partikel sehingga partikel dapat mencapai energi kinetik yang diharapkan dalam pergerakkannya. Saat sekarang telah dapat dihasilkan berbagai berkas sinar partikel misalnya berkas sinar positron, berkas sinar antiproton, berkas sinar muon dan lain-lain.
Beberapa pemercepat partikel terbesar dunia yang masih aktip dan masih menghasilkan data penelitian sampai sekarang antara lain:
  1. Stanford Linear Accelerator Center (SLAC), California, USA.
  2. Cornell Electron Synchrotron (CLEO), New York, USA.gif
  3. The Continuous Electron Beam Accelerator Facility (CEBAF), Virginia, USA.
  4. National Laboratory for High Energy Physics (Koh-Ene-Ken) (KEK), Ibaraki, Jepang.
  5. Conseil Europeen puor la Recherche Nucleaire (CERN), Geneva, Switzerland.
  6. Deutches Elektromen Synchrotron (DESY), Hamburg, Jerman.
  7. Serpukhov Proton Synchrotron, Sepukhov, Russia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar