Senin, Januari 10, 2011

STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS ACE PADA PEMBELAJARAN FISIKA


Yohanes Vianei Dore Ola, S.Pd
Siklus ACE(aktivities, class discussion, exercise) merupakan implementasi pembelajaran berdasarkan teori APOS ( action, process, object, schema) yang telah dikembangkan oleh peneliti di Amerika Serikat( RUMEC).  Siklus ACE mencakup tiga langkah kegiatan belajar yaitu  aktivitas, diskusi kelas dan latihan. Strategi ini memberikan para siswa untuk belajar secara sistematis, efektif dan efisien dalam menghadapi berbagai bahan ajar (Nurlaelah, 2003). Langkah-langkah kegiatan belajar secara rinci menurut siklus ACE adalah sebagai berikut. 1)  Tahap aktivitas ( A = activities). Pada tahap ini siswa melakukan aktivitas  dengan tujuan untuk mengenalkan konsep, informasi, atau situasi baru. Pada tahap ini siswa diberi tugas-tugas, permasalahan untuk dipecahkan sehingga siswa  belajar menemukan sesuatu dan mengkonstruksi pengalaman yang mereka dapatkan. Kegiatan beraktivitas  dapat dilakukan secara  mandiri maupun kooperatif.  2) Tahap diskusi kelas ( C = class discusion).  Pada tahap ini siswa diberikan atau diajak berdiskusi untuk mengemukakan gagasan, mengajukan hipotesis, serta temuan konsep baru. Dalam berdiskusi  siswa bertanya, mengemukakan masalah yang ditemukan  pada tahap aktivitas. Guru berperan sebagai fasilitator, motivator dan mediator saat siswa berdiskusi.  3) Tahap latihan memecahkan soal ( E = exercise). Pada tahap ini siswa berlatih mengaplikasikan konsep dan memantapkan konsep yang telah mereka peroleh dan pahami pada tahap sebelumnya (Asiala. et al, 2000).
Dengan demikian tiga tahap kegiatan aktivitas, diskusi kelas dan latihan memecahkan masalah atau soal merupakan rangkaian kegiatan yang berulang dapat dilakukan dalam  sebuah kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu kegiatan belajar merupakan suatu siklus. Melalui kegiatan yang berulang-ulang diharapkan siswa  lebih memahami konsep yang diajarkan.

1 komentar:

  1. pak, kalau boleh tau referensi buku yang terkait?

    BalasHapus